Kamis, 19 Maret 2009

Kata Pengantar Silsilah Trah Kromodjayan


PEMBUKAAN
( bahasa Indonesia )

Silsilah Trah / Keturunan Kromodjayan Kanoman, Mojokerto
Assalamualaikum Warohmatullah Wabarakatuh, serta salam sejahtera bagi kita semua

Penulisan Serat Sara Silsilah Kromodjayan telah  banyak dilakukan oleh banyak putra wayah sebagai pewaris; Semula dihimpun oleh Pancer (laki-laki=patrinial) para pinisepuh Kromodjayan di Suroboyo, Mojokerto, Notodiningrat -Malang, Nitiadiningrat -Pasuruan, Suryowinoto-Gresik, dan masih banyak lagi  ditulis dari pancer  (puteri = matrinial); Saat itu di tulis dengan tangan ( memakai pena tinta) dan  kemudian diketik mesin tulis); Peninggalan tersebut berumur sampai sekian abad dan mencapai sekian ragam  perkembangannya sesuai kaitan family.
Serat Sara Silsilah yang disajikan dalam situs Kromodjayan ini, berawal dari permintaan perkumpulan sedarah keluarga Trah Kromodjayan-Kanoman untuk melestarikan riwayat keturunan dalam bentuk diagram, dan cerita leluhur. Silsilah yang menjadi panduan dari keluarga Kromodjayan-Kanoman Mojokerto dari para leluhur / kerabat  adalah sebagai beikut :
  • Pustaka Kitab Sejarah Familie R Tumenggung Arya Nitiadiningrat Pasuruan, ditulis oleh R.T. Nitidiningrat, Bupati Surabaya th 1914 
  • Pustaka "Buku Sejarah Surabaya " diterbitkan oleh perkumpulan K.5 ( dari Trah Kasepuhan ; Kanoman ; Kromodjayan , Nitiadiningrat –Pasuruan; Notoadiningrat–Bangil; Bustaman–Semarang ; Pusponegoro – Gresik kuno; Sambongan – Semarang; HAN dinasti – Lasem )  disusun dan ditulis oleh Raden Tumenggung Arya Notoadikusumo Jl Dieng No: 7 Surabaya (saat itu).
  • Pustaka silsilah Pangeran Lanang Dangiran yang menurunkan Trah Botoputih Suroboyo, yang disusun Tim yang di pelopori oleh RPA Makmoer, diselesaikan s/d. hari Senin, 01 Agustus 1988. jl Kapas Krampung No:90, Surabaya.
  • Pustaka Ikatan Keluarga Besar Raden Adipati Panji Tjondronegoro, jl Rangkah II No.51 Surabaya (031 3726184), Ketua : Haryono (0811349752).
  • Pustaka silsilah Kanjeng Adipati Arya Suryowinoto, (berupa foto struktur keturunan ). Ketua Paguyuban Suro Adi Kusumo(SAK): berpusat di Jakarta 
  • Pustaka "Kumpulan Cerita" yang ditulis R Anang Soekarso pada 18 Sya’ban 1429 H. di Surabaya (dari Trah Kasepuan Surabaya ).
  • Pustaka silsilah "Sejarah Gresik - Kyai Pusponegoro", ditulis oleh PWGTPP (Pusoro Wargo Gresik Turunan Kyai Tumenggung " Pusponegoro Pertama"), disalin oleh Kyai Ngabei Mangunadirdjo, hoofdbetuur PWGTPP.
  • Pustaka "Notes on Java's Regent Families" Part I, II Hearher Sutherland based on genealogies provided by Raden Mas Abdul Wahab Suryoadiningrat, Mrs. Jakarta
Warisan silsilah oleh anak keturunan Trah Kromodjayan, telah banyak ditulis secara perorangan ataupun disadur oleh keturunan sedarah lainnya, Adapun penulisan silsilah KROMODJAYAN KANOMAN oleh sanak family diantaranya adalah:
  • Disusun dalam bentuk diagram silsilah oleh Raden Ayu Rusmini (Concom) binti RB Rustamadji,  dibantu oleh suami Raden Soenarjo (Trah Notoadiputro pancer Trah Pangeran Lanang Dangiran), menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi;  nama gelar Raden Achmad Susandi, di Banjarmasin, terakhur di Surakarta.
  • Ditulis dalam buku silsilah oleh Raden Arya Soedono Nataningrat, Kepala Kejaksaan  di Sidoarjo, dari Trah Nitiadiningrat-Pasuruan yang menikah dengan R Ayu Djamaliah  binti Raden Achmad Kusumowitjitro (Trah Ki Abdullah-Batu Ampar Guluk-guluk, Sumenep Madura). Dan diwariskan kepada putera pertama bernama eyang: Raden Ayu Fien Soedarliyah Nataningrat, tinggal di Sidoarjo;
  • Dan kemudian pada hari Jumat tgl 22 Juli 2011 telah diberikan kepada penulis / HR Widodo AS sebagai bahan data silsilah, dengan tindasan Copy disampaikan kepada eyang H.R.Boedi Santo Nataningrat, ( adik R Ayu Fien Soedarliyah) di Surabaya; dan pada Maret 2012, buku asli dikembalikan kepada Pewarisnya adalah Mas Fenndy (putra pertama eyang Fien Sudarliyah) di Sidoarjo.
  • Dan kemudian silsilah di review (dikaji ulang) : diteliti kembali dengan sumber-sumber lain, atau risalah keluarga family yang terkait. dengan melaksanakan kunjungan / anjang sana; Tidak menutup kemungkinan penulis Haji Raden Widodo AS mencocokkan data dengan tulisan yang ada di batu nisan dimakam leluhur.
Silsiah yang ditulis dan sebagai buah karya leluhur Kromodjayan-Kanoman ditulis oleh 
  1. Raden Mashudan, Jumeneng Bupati nama gelar Raden Adpati Araya Kromodjoyo Adinegoro IV, sebagai Bupati Mojokerto pada tahun 1894 – 1916. sumber silsilah menggunakan bantuan pustaka dari buku yang ditulis oleh :Dr.J.Brandes, orang Belanda), pustaka “Fruen Mess” sebanyak 332, halaman dan “Sejarah Sumenep Madura" yang ditulis oleh Prof. N.J. Krom Yamp; R.A. Kern Korn, diterbitkan oleh percetakan JAVA,
  2. Raden Bagus Yasin, jumeneng  Asisten Wedana nama gelar Raden Ngabei Kromodjaya Adirono, sebagai Asisten Wedana Ngebel, Kabupaten Ponorogo tahun 1910 - 1940, beliau adalah putra yang ke 3(tiga) dari 10(sepuluh) putera Raden Mashudan

Foto Keluarga KAA Kromodjoyo Adinegoro IV


Surat silsilah diungkap kembali dengan pertimbangan akurasi, validitas data  silsilah  yang driasa perlu diakaji kembali, dengan cara membaca resume pandangan terhadap silsilah Kromodjayan, mencocokkan dengan buku/tulisan dari setiap keluarga family sedarah yang membuat riwayat, dan mengunjungi tempat makam, peninggalan hasil karya leluhur sebagai monumen; Diantaranya adalah sebagai berikut :
  • pustaka perkumpulan K.5 ( dari Trah Kasepuhan ; Kanoman ; Kromodjayan , Nitiadiningrat –Pasuruan; Notoadiningrat–Bangil; Bustaman–Semarang ; Pusponegoro – Gresik kuno; Sambongan – Semarang; HAN dinasti – Lasem ) Judul buku tersebut yaitu “Sejarah Suroboyo” disusun dan ditulis oleh Raden Tumenggung Arya Notoadikusumo Jl Dieng No: 7 Surabaya (saat itu).
  • pustaka silsilah Pangeran Lanang Dangiran yang menurunkan Trah Botoputih Suroboyo, yang disusun Tim yang di pelopori oleh RPA Makmoer, diselesaikan s/d. hari Senin, 01 Agustus 1988. jl Kapas Krampung No:90, Surabaya.
  • pustaka Ikatan Keluarga Besar Raden Adipati Panji Tjondronegoro, jl Rangkah II No.51 Surabaya (031 3726184), Ketua : Haryono (0811349752).
  • pustaka silsilah KAA Suryowinoto, (berupa foto struktur keturunan ).
  • pustaka kumpulan cerita yang ditulis R Anang Soekarso pada 18 Sya'ban 1429 H. di Surabaya. 
  • Peninggalan tempat ibadah di wilayah Lamongan, Jombang, Mojokerto dan Surabaya;
  • Peninggalan bangunan manumen Museum di Trowulan-Mojokerto, dan Dam Sungai "Rolak Songo" / "Dam Lengkong"  di ojokerto
Sebagai kelanjutan waktu dalam penulisan surat silsilah Trah Kromodjayan diteruskan oleh kelompok-kelompok keluarga seperti halnya R.Ay.Rusmini (Concom), putri dari R.B.Rustamadji, (putera no 5 R.Mashudan), yang menikah dengan R.Soenarjo (Trah Notoadiputro). Dan dilajutkan oleh HR.Widodo AS, putra ke tiga R.Ay.Rusmini dengan memperluas media jangkauan sebagai informasi data, menggunakan media komputer, diantaranya adalah :
  1. Program Microsoft Visio 2007 (sebagai bank data / hard copy)
  2. Website pada situs WIKI, http//www/id.rodovid.org/wk (Rodovid adalah wiki silsilah keluarga, sebuah situs yang menggunakan perangkat lunak Media Wiki (sama dengan yang digunakan oleh Wikipedia), versi Bahasa Indonesia akses ke Google ).
  3. Website pada situs GENI, http://www.geni.com/(.. Tree, Profile, Photo, etc....)
  4. Website pada situs BLoger : http://www.bloger.com/, memuat tentang hal, cerita Leluhur dari sisa-sisa peninggalan kisah yang selama ini banyak tidak diketahui.











Semua upaya pelestarian tersebut diatas dengan maksud untuk membangkitkan kembali rasa  hormat dan rasa cinta kepada leluhur, melalui pelestarian warisan pustaka dan kisah-kisahnya. 
Penulisan Serat Sara Silah ini adalah bertujuan satu yaitu ntuk mempererat kekeluargaan Family sedarah memperjelas asal usul dari leluhur dengan harapan tidak terjadi kesalahan, serta sebagai kegiatan sosial tanpa pamrih dalam hidup bermasyarakat  terlepas adanya muatan-muatan ataupun maksud diskriminasidari niat / berpikir negatif / pengelompokan / perbedaan agama dan sebagainya.
Untuk kesempurnaan silsilah ini, maka kami selalu menanti masukan para family / pembaca, dan jangan segan segan berkomunikasi dengan kami di email : r.widodo@gmail.com. Dan akhir kata penyusun ucapkan terima kasih atas perhatiannya, dan apabila ada kesalahan disana-sisni dalam tulisan ini karena kurang tajamnya wawasan dan rendahnya komunikasi, sebelumnya kami mohon maaf.

dimulai di Surabaya, 18 April 2003 oleh : HR Widodo AS


4 komentar:

  1. aku terkesima sama gambare sing di atas..wah udah top banget ngedit gambare...bunga-bunganya..ana candine..tuisane pake bayangan barang....pas bangetsss

    BalasHapus
  2. matur nuwun bapak H. R. Widodo AS, trah Kromodjayan telah memulai online family-tree ini (saya singkat e-famtree) sebagai pemacu seluruh keluarga besar K5 trah Pangeran Lanang Dangiran, Kyai Ageng Brondong, Sunan Botoputih, utk membuat blog serupa, salut..

    Jakarta, 10 April 2009
    R. Moh. Hari Prasiddha Ngartjojo, Ir.
    (Kasepuhan, Botoputih-Surabaya)

    BalasHapus
  3. Mohon penjelasan silsilahnya dari RNg.Honggokusumo ingkang sumare di desa Sambiroto ,Sooko ,Mojokerto.Matur suwun atas infonya.

    ( Yudi Joyokusumo )

    BalasHapus
  4. kagem pak Widodo

    nuwun sewu,punopo pak Widodo taksih nggada
    photo dalem pringgitan wonten ing jaman belanda?

    BalasHapus